Menyisipkan Photo atau Gambar di Artikel

Spiderweb Indonesia

Langkah-langkah untuk menyertakan photo/gambar di dalam tulisan adalah sebagai berikut:

  1. Memahami ukuran dan besaran photo
  2. Editing Photo sederhana
  3. Upload (memindah) photo dari komputer ke server
  4. Menyisipkan Photo di antara Artikel

Memahami Besaran dan Ukuran dan Format Photo

Besaran/Dimensi

Besaran (Dimensions) photo yang dimaksud adalah Lebar x Tinggi (width x height), satuan yang dipakai adalah pixel atau biasanya disingkat dengan px. Sebagai contoh, photo laba-laba diatas adalah mempunyai dimensi sebesar 448 x 333 pixel. Anda dapat mengetahuinya dengan mengarahkan mouse ke gambar laba-laba tersebut di web ini dan klik kanan pilih menu properti.

Bagaimana mengetahui besaran photo di komputer?

Anda cukup memilih gambar yang akan dipilih, dan lihat di status bar di bagian paling bawah pojok kiri (menu view-status bar harus diaktifkan terlebih dahulu) dandapat juga dilihat dibagian menu tab dimensieons pada sebelah kanan seperti dalam gambar dibawah ini.

Dimensi Photo

Cara lainnya adalah klik kanan pada file photo yang dipilih, klik menu properti pada bagian bawah sendiri. Lihat di menu tab Summary-Advance.

Ukuran berapa yang dibutuhkan untuk web?

Sebagai ilustrasi, ukuran monitor yang kita pakai umumnya adalah

  • Jika kita menggunakan monitor biasa ukuran 14″-15″, umumnya menggunakan resolusi 800 x 600 atau 1024 x 720 pixel. Saat ini resolusi yang terakhir lebih umum digunakan
  • Jika menggunakan Monitor Wide Screen baik 14″ atau lebih, umumnya menggunakan resolusi 1280 x 780 pixel

Artinya kita tidak memerlukan ukuran photo sebesar itu atau bahkan melebihi. Ditambah lagi web juga menyediakan ruang yang terbatas. Di web ini di set untuk maksimal ukuran photo yang dipakai adalah dengan lebar maksimal 550 pixel, sedangkan untuk tingginya tidak terbatas. Memang akhirnya yang perlu diperhatikan adalah ukuran Lebar.

Ukuran Photo (Size)

Saya telah menetapkan untuk web ini besaran maksimal photo adalah 550 x ….., dengan resolusi seperti itu biasanya ukuran photo tidak sampai 100 kb (kilobites). Tapi jika ingin memperkecil lagi ukuran photo anda bisa melakukan proses editing photo dengan menggunakan Adobe Photoshop, dan menyimpannya melalui Save As Web. Akan terdapat tiga pilihan resolusi yang ingin digunakan mulai dari High, Medium atau Low.

Format Photo

Format photo yang umum dipergunakan untuk web adalah jpg, gif atau png. Jika membutuhkan photo atau gambar yang transparan atau bergerak, anda bisa menggunakan format gif atau png.

Editing Photo Sederhana

Proses editing yang dimaksud dalam hal ini adalah meliputi 1. mengurangi besaran photo (resize) dan 2. memilih obyek (crop) menggunakan software yang standart bawaan windows.

Resize

Pilih file, klik kanan dan pilih menu edit, atau klik kanan pilih Open With-Microsof Office Picture Manager. Selanjutnya pilih edit picture – resize.

Merubah Ukuran Gambar

Pilih seperti yang terlihat di gambar diatas, selanjutnya klik ok. Selesai sudah ukuran gambar anda untuk selanjutnya siap di upload.

Sebaiknya anda menyediakan folder khusus untuk proses editing ini, agar photo aslinya tetap tidak berubah, karena proses ini tidak bisa dibatalkan, kecuali anda menggunakan software semacam Photoshop.

Crop

Croping bisa diartikan adalah memilih atau membuang bagian yang tidak diperlukan dari sebuah photo. Prosesnya hampir sama seperti diatas, anda tinggal memilih menu crop untuk memulainya. dan selanjutnya klik ok.

Upload Photo dari Komputer ke Web

Mesin WordPress telah melengkapi fasilitasnya untuk dapat upload photo secara otomatis dari komputer ke server tanpa harus menggunakan software FTP (File Transfer Protocol). Menu upload photo dapat ditemukan saat kita akan menuliskan artikel baru seperti contoh dalam gambar berikut. Klik ok jika sudah dapat dipastikan telah memilih file yang sesuai keinginan kita.

Upload Photo

Keterangan:

  1. adalah posisi server (internet)
  2. adalah posisi komputer kita

Menyisipkan Photo diantara Artikel

Klik menu browse dan akan terlihat koleksi photo-photo anda yang telah berhasil di upload. Langkah selanjutnya adalah tinggal memilih photo mana yang akan ditampilkan.

Menyisipkan Photo

Begitu anda klik send to editor, maka akan secara otomatis photo anda sudah masuk diantara artikel. Selanjutnya anda perlu memahami pengaturan alinea antara photo dan artikel. Saya cuman mengupas penggunaan umumnya saja.

Alinea Tidak di Set

Spiderweb Indonesia

Ini adalah contoh memasukkan gambar dalam tulisan (artikel) secara default (standart). Photo akan berada di atas, dan tulisan ada dibawahnya.

Alinea Kiri atau Kanan

Spiderweb Indonesia Ini adalah contoh alinea gambar rata kiri, gambar secara otomatis ada di kiri dan tulisan kita disebelahnya.

Yang harus dilakukan adalah edit gambar dan merubah posisi alinea gambar di menu, seperti yang dapat dilihat dibawah ini.

Coba perhatikan, bahwa teks ini akan terus mengikuti gambar disamping anda. Sampai akhirnya melewati garis batas gambar.

Alinea Photo

Selesai sudah, anda bisa memulai untuk memberikan sentuhan lebih menarik dari tulisan dan artikel dengan menggunakan wordpress

Advertisements

3 thoughts on “Menyisipkan Photo atau Gambar di Artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s