Menggunakan Album Picasa dengan Cepat dan Mudah

Masalah yang dihadapi

Mas Bambs (bukan nama sebenarnya), seorang jurnalis yang mendirikan, sekaligus membidani Majalah Pertanian AgroBorneo http://media.ssa.co.id. Tentu saja di bidang pekerjaannya memerlukan photo-photo pendukung untuk artikel-artikelnya di website. Singkat kata dipilih Album Photo online Picasa – http://picasaweb.google.com. Namun pada prosesnya, pria sepuh ini mengalami kesulitan teknis, maklum pada zamannya yang namanya photo, untuk bisa melihat hasil jepretannya masih perlu menunggu beberapa hari untuk di cuci cetak. Beberapa kesulitannya adalah:

  1. Internet Lambat, untuk buka album picasa melalui web terlalu lama dan ribet, banyak klik. Memasukkan alamat webnya, login dulu, bikin album, ketik diskripsi album dan langkah selanjutnya adalah mengunggah satu persatu foto yang sekian banyak itu. Ada gak sih cara yang lebih cepet dari ini? ribet!!!
  2. Hasil dari Scan dan Photo digital resolusi besar, tentu saja proses upload lebih lama karena tiap filenya bisa lebih dari 1 MB (1000 kb), jika harus mengolah.. walah.. lah saya gak ngerti photoshop, ngertinya cuman shop buntut.. Ada gak yang tidak perlu harus mengolah photo sebelumnya? ora mudeng!!

Kasian kan, seharusnya waktu luangnya buat momong cucu, harus terbuang buat nguprek photo, pengennya tinggal jepret terus langsung bisa online gitu…

Langkah Bantuan

Harus memiliki software Picasa yang sudah terinstall di komputer anda terlebih dahulu. Bisa didapatkan secara gratis di http://picasa.google.com

Langkah Selanjutnya:

  1. Instalasi Software
  2. Setelah sukses mengunduh (download) software Picasa, langsung silahkan di install dan buka program picasa tersebut. Akan nampak seperti gambar dibawah ini.

    album picasa di komputer anda
  3. Menggunakan Software Picasa
  4. Tampaklah sudah semua folder photo anda dari komputer yang secara otomatis di scan oleh picasa dan dimasukkan sebagai direktori secara otomatis. Namun jika masih ada folder di komputer yang masih belum ke rekam di picasa, sampean bisa menambahkan sendiri secara manual melalui menu File – Add Folder to Picasa….

    Login dulu melalui menu Sign In to Web Album sesuai dengan id gmail yang anda gunakan, lihat bagian gambar kanan atas. Setelah berhasil login akan nampak user ID anda disana. Tentu sebelumnya anda sudah mendaftar dulu di http://picasaweb.google.com sebelumnya.

    Tombol unggah, dapat ditemukan dibagian bawah, Upload. Sebelum menekan upload, anda tentu sudah memilih satu atau beberapa gambar untuk proses pemindahan dari komputer ke picasaweb album online.

  5. Mengunggah Foto dan Membuat Album Baru
  6. Sekali lagi, anda pilih satu atau beberapa gambar dan tekan tombol upload. Jika hendak memilih beberapa gambar acak di album photo komputer dapat dilakukan dengan cara tekan keyboard Ctrl+Klik kiri Mouse. Baru tekan upload, akan didapat menu seperti pada gambar bawah ini:

album picasa di komputer anda
    Album Baru, tekan New atau ingin menambahkan foto ke album yang dibuat sebelumnya, anda tinggal memilih album yang dimaksud. Lebih baik anda sisipkan keterangan album sebagai diskripsi penjelasan.
    Pilih Ukuran gambar yang terkecil 644 pixel, kalo anda menggunakan kamera digital biasa, umumnya bisa berukuran 2000 pixel lebih. Penggunaan photo untuk web jarang menggunakan ukuran yang sangat besar. Besar kecilnya ukuran yang dipilih tentu berdampak pada lama atau cepatnya proses upload.

Udah deh, selanjutnya anda bisa kasih caption untuk masing-masing photo melalui browser untuk memberikan keterangan singkat tentang photo anda yang diupload di Picasa Web Album.

Advertisements

3 thoughts on “Menggunakan Album Picasa dengan Cepat dan Mudah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s