Selalu Bersama Dengan Seribu Harapan

Pengen pergi bareng dan rame-rame sekantor plus keluarga dan anak-anak, tidak jauh dari Jakarta atau yang kira-kira gak lebih dari 3 jam perjalanan dan sebisa mungkin gak kehambat dengan macet, dan satu lagi yang penting adalah anggaran dibawah nggopek perorang, termasuk nginep, termasuk makan, tiket, transportasi dan semuanya serba komplit tanpa biaya tambahan lagi.

Pulau Harapan, akhirnya yang mendapat nominasi sebagai tujuan dan tempat bergantungnya semua harapan kita untuk senang-senang bersama.  Tiga syarat utama yang jadi acuan kita mencari lokasi wisata yang pas dah diborong semua oleh Pulau Harapan, dan semua orang setuju.

Wisata Alam Bahari di Pulau Harapan

Perjalanan dari Dermaga Kaliadem, Muara Angke menuju Pulau Harapan ditempuh sekitar 3 (tiga) jam. Berangkat jam 07.00 WIB hingga tiba pas 10.13 WIB di Pulau Harapan. Yang mengantar kami semua adalah para Kapten dan Awak Kapal cilik ini.

kapten kapal ferry dari jakarta ke pulau harapan
Anak-anak menikmati perjalanannya, Kapten Kapal yang ramah dan memberi kesempatan mereka untuk mengenal area Nahkoda Kapal dengan gaya mereka tentunya, bermain dan belajar.

Paket private Pulau Harapan selama 2 hari 1 malam, menginap di homestay Pulau Harapan, sudah termasuk makan 3 kali, welcome drink, galon air mineral di penginapan. Tiket pulang pergi Jakarta – Pulau Harapan juga sudah masuk dalam harga paket yang dipatok sebesar IDR 370K/pax lengkap dengan korting dan bonusnya.

Perjalanan dari Perahu ke Perahu, kita semua diantarkan oleh Perahu Jelajah untuk bertandang dari satu pulau ke pulau berikutnya atau Hopping Island, juga menuju beberapa spot snorkeling yang paling menarik

perahu jelalah pulau harapan
Kapal Jelajah, yang mengantar semua tamu untuk berpindah dari pulau ke pulau lainnya dan beberapa spot snorkeling yang unik dan alami di wilayah Pulau Harapan

Kenapa di Pulau Harapan?

Pulau Harapan berada di bagian utara Kepulauan Seribu,  bersebelahan dengan Pulau Harapan adalah Pulau Kelapa, keduanya disatukan dengan jembatan penghubung yang bisa dilalui semua kendaraan. Pulau Harapan, dulu dikenal dengan nama “Pulau Pelemparan“, karena memang dipersiapkan sebagai pulau pengembangan untuk transmigrasi dan relokasi masyarakat setempat.

Wilayah Pulau Harapan meliputi 24 pulau-pulau kecil yang terhampar di bagian utara Kepulauan Seribu. Terdiri dari pulau penduduk, pulau yang dikelola private dan pulau wisata, belum terhitung pulau-pulau pasir dan pulau karang.

selam permukaan di pulau harapan
Bawah permukaan laut pulau harapan, aktivitas yang paling disukai adalah snorkeling dan berenang diantara terumbu karang dan ikan-ikan kecil

Pulau Harapan hanyalah tempat transit, tujuan kapal ferry bersandar dan untuk menginap di banyaknya pilihan homestay yang disediakan masyarakat setempat.  Tidak ada yang lebih dibanding dengan pulau-pulau lainnya selain sebagai tujuan untuk menginap dan istirahat.

Potensi yang sebenarnya menjadi tujuan di Pulau Harapan adalah kekayaan wilayahnya dengan banyaknya pilihan berkunjung ke pulau-pulau kecil, dalam daftar administrasi kelurahan Pulau Harapan terdata sebanyak 24 pulau-pulau kecil yang berada di wilayahnya.

Snorkeling, Hopping Island, Sunrise dan Sunset

Saya sangat sadar, sesadar-sadarnya jika hanya modal punya waktu untuk wisata di Pulau Harapan selama 2 hari 1 malam tidak akan mampu menjelajahi semua potensi yang dimiliki oleh Kelurahan Pulau Harapan, 24 pulau-pulau kecil lainnya yang terbentang hingga paling ujung sang penjaga suar dari utara, Pulau Sebira.

Pilihan terbaik untuk aktivitas jelajah pulau di Pulau Perak dan Pulau Gosong (pulau gundukan pasir) untuk rehat siang dan berfoto selfie menikmati senja, kami sempatkan ke pulau paling favorite yang memiliki pantai perawan, Pulau Dolphin.

Pulau Dolphin, memiliki pantai dengan pasir putih yang bersih dan cukup landai. Jika ingin berkeliling pulau dari sepanjang pantainya, tidak sampai satu jam Anda sudah ketemu dengan titik awal.

pulau dolphin wilayah pulau harapan

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s